14 Cara Cepat Gemuk yang Bisa Anda Terapkan, Ubah Pola Hidup

Merdeka.com – Sebagian orang memiliki masalah dengan berat badan mereka yang tidak ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas adalah masalah yang paling disorot. Banyak orang yang mengeluh tentang berat badan mereka yang berlebih.

Namun, ada juga sebagian orang yang memiliki masalah sebaliknya. Selain kelebihan berat badan, kekurangan berat badan juga menjadi masalah bagi beberapa orang. Kondisi ini juga dapat menjadi masalah, karena kekurangan berat badan bisa sama buruknya bagi kesehatan Anda dengan obesitas.

Cara cepat gemuk sebenarnya bisa kita lakukan dengan mengubah pola hidup kita. Terutama pada makanan, Anda perlu menambah porsi dari berbagai asupan nutrisi yang diperlukan untuk menambah berat badan.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara cepat gemuk yang bisa Anda jadikan contoh.

Makan Lebih Banyak Kalori

ilustrasi kalori

Cara cepat gemuk yang pertama adalah dengan makan lebih banyak kalori. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan adalah dengan membuat tubuh Anda kelebihan kalori, yang berarti Anda perlu makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda.

Kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda tergantung bagaimana Anda beraktivitas sehari-hari. Anda bisa menambahkan keju parut ke atas roti, atau menggabungkan telur dadar dengan sup ayam yang Anda makan.

Makan Banyak Protein

Cara cepat gemuk yang kedua adalah dengan mengonsumsi banyak protein. Nutrisi tunggal yang paling penting untuk mendapatkan berat badan yang sehat adalah protein. Otot terbuat dari protein dan tanpa itu sebagian besar kalori ekstra itu mungkin akan berakhir sebagai lemak tubuh.

Studi menunjukkan bahwa selama periode makan yang berlebih, diet tinggi protein menyebabkan banyak kalori ekstra diubah menjadi otot. Namun, perlu diingat bahwa protein adalah pedang bermata dua.

Nutrisi juga sangat mengenyangkan, sehingga dapat mengurangi rasa lapar dan nafsu makan Anda secara signifikan. Akibatnya membuat Anda menjadi lebih sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup.

Makanan berprotein tinggi antara lain daging, ikan, telur, banyak produk susu, dan kacang-kacangan. Suplemen protein seperti protein whey juga bisa bermanfaat jika Anda kesulitan mendapatkan protein yang cukup dalam makanan Anda.

Konsumsi Karbohidrat dan Lemak

Cara cepat gemuk yang ketiga adalah dengan mengonsumsi banyak karbohidrat. Banyak orang mencoba membatasi karbohidrat atau lemak ketika mencoba menurunkan berat badan.

Namun, jika Anda ingin menaikkan berat badan, cara ini adalah ide yang buruk, karena akan membuat lebih sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup.

Jika menambahkan berat badan adalah prioritas bagi Anda, maka Anda perlu mengonsumsi banyak makanan yang tinggi karbohidrat dan tinggi lemak. Akan lebih baik jika Anda bisa mengonsumsi banyak protein, lemak, dan karbohidrat setiap kali makan.

Pastikan juga untuk makan setidaknya tiga kali sehari dan cobalah untuk menambahkan camilan padat energi bila memungkinkan.

Makanlah Makanan Padat Energi

Cara cepat gemuk yang keempat adalah dengan mengonsumsi makanan yang padat energi. Sekali lagi, sangat penting untuk makan sebagian besar makanan yang mengandung bahan tunggal.

Masalahnya adalah bahwa makanan ini cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan olahan, sehingga membuat Anda lebih sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup.

Menggunakan banyak rempah-rempah, saus dan bumbu dapat membantu mengatasi ini. Semakin enak makanan Anda, semakin mudah memakannya.

Selain itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang padat energi sebanyak mungkin. Berikut adalah beberapa makanan padat energi yang sempurna untuk menambah berat badan:

  • Kacang: Almond, kenari, kacang macadamia, kacang tanah, dll.
  • Buah kering: Kismis, kurma, prem dan lain-lain.
  • Susu tinggi lemak: Susu murni, yogurt penuh lemak, keju, krim.
  • Lemak dan minyak: Minyak zaitun extra virgin dan minyak alpukat.
  • Biji-bijian: Biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah.
  • Daging: Ayam, sapi, domba. Pilih potongan yang lebih gemuk.
  • Umbi: Kentang, dan ubi.
  • Cokelat hitam, alpukat, selai kacang, santan, granola, campuran trail.

Banyak dari makanan ini sangat mengenyangkan, dan kadang-kadang Anda mungkin perlu memaksakan diri untuk terus makan makanan tersebut bahkan jika Anda merasa kenyang.

Olahraga Angkat Beban

Cara cepat gemuk yang kelima adalah dengan berolahraga angkat beban. Untuk memastikan bahwa kelebihan kalori masuk ke otot Anda, bukan hanya sel-sel lemak Anda, itu penting untuk melakukan olahraga angkat beban.

Anda bisa mengajak teman atau saudara Anda untuk pergi ke gym dan berolahraga di sana 2-4 kali per minggu. Cobalah untuk mengangkat berat dan coba tambah bobot dan volume tubuh Anda seiring waktu.

Jika Anda benar-benar tidak sehat atau baru dalam pelatihan, pertimbangkan untuk menyewa pelatih pribadi yang memenuhi syarat untuk membantu Anda memulai.

Jika ingin melakukannya dengan santai, Anda bisa mencoba untuk melakukan kardio. Melakukan olahraga kardio memang diperbolehkan, namun jangan Anda lakukan terlalu banyak karena akan membakar banyak kalori tambahan yang ada di dalam tubuh Anda.

9 Tips lainnya untuk Menambah Berat Badan

Berikut 9 tips cara cepat gemuk lainnya yang bisa anda terapkan.

  1. Jangan minum air sebelum makan. Karena dapat membuat Anda lebih cepat kenyang sehingga membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan kalori yang cukup.
  2. Makan lebih sering. Konsumsi makanan tambahan atau camilan kapan pun Anda bisa, seperti sebelum tidur.
  3. Minum susu. Minum susu murni untuk memuaskan dahaga adalah cara sederhana untuk mendapatkan lebih banyak protein dan kalori berkualitas tinggi.
  4. Gunakan piring yang lebih besar. Gunakan piring besar ketika Anda akan makan jika Anda mencoba untuk mendapatkan lebih banyak kalori, karena piring kecil menyebabkan orang makan lebih sedikit secara otomatis.
  5. Tambahkan krim ke kopi Anda. Ini adalah cara sederhana untuk menambah lebih banyak kalori.
  6. Ambil creatine. Suplemen creatine monohydrate yang membangun otot dapat membantu Anda menambah beberapa kilogram berat otot.
  7. Kualitas tidur. Tidur dengan benar sangat penting untuk pertumbuhan otot.
  8. Konsumsi protein Anda terlebih dahulu dan sayuran terakhir. Jika Anda memiliki campuran makanan di piring Anda, makan makanan yang kaya kalori dan padat protein terlebih dahulu. Baru kemudian makan sayur Anda di saat terakhir.
  9. Jangan merokok. Perokok cenderung memiliki berat badan lebih sedikit daripada yang bukan perokok, dan berhenti merokok sering menyebabkan kenaikan berat badan.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *