13 Manfaat Bawang Merah Mentah bagi Kesehatan, Bantu Turunkan Kolesterol

Merdeka.com – Bawang merah sudah sangat familiar di Indonesia. Bawang merah biasa digunakan oleh para ibu rumah tangga menjadi bumbu dapur.

Bawang merah memiliki jenis yang bermacam-macam, namun memiliki kandungan manfaat yang hampir sama. Bagi masyarakat tradisional, bawang merah juga biasanya digunakan untuk mengobati anaknya yang masuk angin.

Sebab, bawang merah dipercaya mampu menghangatkan dan meringankan sakit. Benarkah demikian?

Berikut merdeka.com telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat bawang merah bagi kesehatan yang patut Anda ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang merah mentah bagi kesehatan yang pertama ialah membantu menyehatkan jantung. Bawang merah mampu mengontrol tekanan darah tinggi, serta membuka arteri yang tersumbat.

Hal ini mencegah terjadinya risiko serangan jantung coroner, stroke dan gagal ginjal. Terutama kandungan quercetin dari bawang merah, akan memberi efek penting bagi tubuh, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Bantu Turunkan Kolesterol

turunkan kolesterol rev1

Bawang merah mengandung sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS), dengan membandingkan antara yang mengonsumsi banyak dan kelompok pengonsumsi sedikit bawang merah. Hasilnya, orang yang mengonsumsi banyak, tingkat kolesterol jahatnya turun.

Mengutip dari hellosehat.com, diet yang mengandung makanan dengan banyak bawang merah mampu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh, dari hasil Phytotherapy Research.

Kandungan antioksidan dan zat bioaktif lainnya dapat menurunkan jumlah lemak total secara langsung.

3. Baik untuk Penderita Diabetes

Berbagai penelitian memberikan hasil dan bukti bahwa mengonsumsi bawang merah bagi penderita diabetes mellitus, tipe satu dan tipe dua, mampu membuat kadar gula darah menjadi normal. Hal ini akibat adanya peningkatan kadar insulin dan membantu proses glikosis pada penderita.

ilustrasi sakit perut

iStockphoto



4. Mengatasi Sembelit

Apakah Anda sering mengalami begah atau susah BAB? Cobalah untuk mulai mengonsumsi bawang merah mulai saat ini. Bumbu rempah ini mengandung senyawa yang membantu proses pembuangan racun, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

5. Melancarkan Pernapasan

007 siti rutmawati

www3.imperial.ac.uk


Manfaat bawang merah mentah bagi kesehatan berikutnya ialah membantu memperlancar sistem pernafasan. Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai obat antiradang, karena dipercaya mampu membantu pernapasan.

6. Mengatasi Radang Tenggorokan

radang tenggorokan rev1

Selain antiradangnya yang baik untuk sistem pencernaan, ternyata bawang merah mentah juga bisa membantu mengatasi infeksi atau peradangan di tenggorokan. Kandungan quercetin dari bawang merah mentah dapat mengurangi sakit radang tersebut.

7. Kandungan Vitamin C

Bawang merah dengan kisaran 100 gram mengandung 10 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh sehari-hari, hellosehat.com. Vitamin C dari bawang merah akan merangsang produksi kolagen yang baik dalam menjaga elastisitas kulit. Kolagen merupakan protein yang membantu penyembuhan luka dan mendukung imunitas tubuh.

8. Membantu Tulang Lebih Padat

Sebagai penopang tubuh, tentunya kita berusaha melakukan berbagai cara untuk menjaganya tetap baik, Apalagi bagi yang memiliki riwayat keluarga osteoporosis, pasti memiliki kekhawatiran yang lebih tinggi.


Selain menambah konsumsi minuman yang kaya akan kalsium, memakan bawang merah mentah ada baiknya pula.

Memakan dengan kadar yang tepat, akan membantu meningkatkan kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, dan menjaga massa tulang.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang merah mentah bagi kesehatan berikutnya ialah ikut meningkatkan kekebalan tubuh dalam menyerang kuman, virus, dan bakteri yang masuk ke tubuh. Semua jenis bawang, termasuk bawang merah dipercaya dapat meningkatkan imunitas supaya terhindari dari penyakit.

10. Mencegah Kanker

Mengutip dari liputan6.com, dari hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, melakukan studi terhadap seberapa sering orang Italia dan Swis konsumsi bawang merah, bawang putih, dan sayuran. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi lebih banyak bawang merah, risiko kanker semakin rendah.

Manfaat bawang merah tersebut berasal dari kandungan quercetin dan antosianin, yang dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker dalam tubuh, terutama kanker sel kolon dan payudara.

11. Meningkatkan Kualitas Tidur

011 tantri setyorini

Pixabay


Apakah Anda mengalami keluhan susah tidur nyenyak? Cobalah untuk mulai konsumsi bawang merah. Kandungan probiotiknya mampu meningkatkan kualitas tidur dan meringankan stres. Selain itu juga bakteri baiknya mampu merangsang kinerja otak Anda.

12. Memperlancar ASI

asi

Setiap wanita yang baru melahirkan pasti akan merasa khawatir ketika ASI-nya tidak lancar. Bagaimana tidak, rasa takut sebagai ibu pertama dan keinginan untuk mencukupi asupan gizi sang bayi harus terpenuhi. Cobalah untuk mengonsumsi bawang merah mentah, yang memberikan efek nyata untuk memperlancar produksi ASI (air susu ibu).

13. Menjaga Kesehatan Mata

012 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pexels


Manfaat bawang merah yang satu ini tidak perlu Anda colokkan ke mata secara langsung. Cara mengaplikasikannya cukup rajin konsumsi bawang merah. Kandungan sulfur pada bawang akan merangsang produksi protein, yakni glutathione. Berperan sebagai antioksidan dan kombinasi vitamin E dari bawang merah pula, sangat baik menjaga kesehatan mata.

Itulah beberapa manfaat bawang merah mentah bagi kesehatan yang sangat baik untuk mulai dikonsumsi. Selamat mencoba.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *