6 Fakta Unik Shiba Inu, Anjing Asli Jepang yang Sangat Populer

Shiba Inu merupakan salah satu dari 6 anjing ras yang berasal dari negeri sakura, Jepang.  Tentunya mereka juga merupakan salah satu jenis anjing yang sangat populer dipelihara di sana.https://a7d2be4c8e00bb58576b8289a7d12781.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html?n=0

Anjing berukuran sedang ini biasanya memiliki warna bulu keemasan, meskipun juga ada warna bulu lain. Selain memiliki perawakan yang mirip dengan seekor rubah, Shiba Inu juga menyimpan sejumlah fakta unik lainnya, lho. Penasaran dengan 6 fakta unik dari anjing lucu asal Jepang ini? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Salah satu jenis anjing yang sudah ada sejak zaman kuno

Pixabay.com/kazzzsatPixabay.com/kazzzsat

Siapa sangka, ternyata anjing yang memiliki genetik yang mirip dengan serigala ini termasuk salah satu jenis anjing yang sudah ada sejak dulu, lho.

American Kennel Club menyebutkan bahwa adanya penemuan sisa-sisa anjing seukuran Shiba Inu yang ada di situs Jimon-jin yang telah menghuni Jepang sejak 14.500 SM sampai 300 M. Shiba Inu sendiri diperkirakan merupakan anjing hasil perkawinan antara anjing luar Jepang yang dibawa oleh imigran dengan anjing dari orang-orang Jimon-jin.

2. Hampir punah ketika Perang Dunia II 

Pixabay.com/BenkaiPixabay.com/Benkai

Siapa sangka, anjing Shiba Inu yang saat ini sangat dicintai dan populer untuk dipelihara pernah mengalami nasib tragis ketika Perang Dunia II berkecamuk.https://a7d2be4c8e00bb58576b8289a7d12781.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html?n=0

Dikutip dari laman American Kennel Club, populasi dari anjing ini menurun drastis ketika Perang Dunia kedua mayoritas disebabkan oleh ledakan bom ketika masa perang dan inveksi virus anjing yang menular ketika perang telah selesai. Kebanyakan dari Shiba Inu yang mampu bertahan dari ‘bencana’ tersebut adalah jenis Shiba Shinsu, kendati sedikit dari 2 jenis lainnya, yaitu Mino dan Sannin, masih tersisa beberapa.

3. Awalnya mereka merupakan anjing pemburu

Pixabay.com/9685995Pixabay.com/9685995

Meskipun sekarang lebih populer sebagai anjing peliharaan karena perawakannya yang sangat lucu, dulu Shiba Inu sempat mendapat gelar sebagai anjing pemburu, lho.

Masih dikutip dari American Kennel Club, salah satu makna dari penamaan Shiba Inu bisa diartikan sebagai semak belukar yang merujuk tempat mereka biasanya berburu. Mereka memang cocok menjadi seekor anjing pemburu lantaran tubuh mereka yang tidak terlalu besar sehingga mampu menembus semak belukar dengan mudah untuk berburu. Hal tersebutlah yang membuat mereka dapat bertahan selama ribuan tahun di daerah pegunungan Jepang.

4. Menjadikan Shiba Inu sebagai hewan peliharaan lebih mirip seperti memelihara seekor kucing ketimbang seekor anjing

https://a7d2be4c8e00bb58576b8289a7d12781.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html?n=0Pixabay.com/13040762

Salah satu keunikan lagi dari anjing ini bagi si pemilik adalah ia seolah-olah akan lebih merasa memelihara seekor kucing, namun dengan badan anjing! Kok bisa, ya?

Disebutkan dalam laman Rover, Shiba Inu cenderung lebih mandiri, berani, keras kepala serta berbuat sesuatu sesuka mereka, seperti seekor kucing. Mereka juga lebih suka menyendiri dibandingkan dengan anjing lain dengan ukuran serupa dengan mereka. Selain itu, jika anjing lain tidak bisa tahan jika berada terlalu jauh dengan pemiliknya, maka anjing ini dapat dengan tenang berada di ruangan lain.

5. Tidak perlu repot untuk membersihkannya karena mereka termasuk anjing yang suka kebersihan

Pixabay.com/MabelAmberPixabay.com/MabelAmber

Meskipun memiliki bulu cukup tebal dan sering rontok, perawatan anjing ini termasuk tidak terlalu sulit, lho.

Hal tersebut karena Shiba Inu adalah anjing yang tidak betah jika merasa kotor atau bahkan memiliki bau tak sedap. Oleh sebab itu mereka akan banyak menghabiskan waktu untuk membersihkan diri mereka sendiri, dilansir dari laman Rover.

6. Pernah liat meme ‘doge’? Nah, anjing jenis inilah yang menjadi bintangnya!

knowyourmeme.comknowyourmeme.com

Pernah mendengar atau melihat meme ‘Doge’? Lucu sekali bukan? Nah, siapa sangka kalau anjing lucu yang menjadi meme terkenal tersebut merupakan anjing jenis Shiba Inu, lho!

Laman Know Your Meme menyebutkan kalau awal mula meme ini awalnya berasal dari foto-foto lucu anjing Shiba Inu bernama Kabosu hasil adopsi yang disebarkan oleh guru taman kanak-kanak, Atsuko Sato, lewat blog sebuah blog pribadi. Setelah itu, meme ini baru benar-benar meledak pada 2013 dan sampai saat ini masih menjadi salah satu meme tentang anjing yang sangat populer, lho.

Nah, itu dia fakta unik dari Shiba Inu yang lucu dan memiliki karakter yang sedikit berbeda dari anjing seukurannya. Setelah membaca fakta-fakta unik tersebut, apakah kalian tertarik untuk mengadopsi Shiba Inu?

Sumber:IDN TIMES

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *