13 Makanan Khas Bali yang Wajib Kamu Coba Kalau Liburan ke Bali Lagi

Ngomongin Bali pasti enggak akan jauh dari pantai, villa di tepi sawah, beach club, bar, atau restoran-restoran Instagramable. Padahal makanan khas Bali pun enggak kalah ikoniknya, dan bikin Pulau Dewata selalu ngangenin banget buat semua orang.Bahkan bertolak belakang dengan anggapan liburan ke Bali harus keluar banyak uang, hampir semua makanan khas Bali bisa kamu coba dengan harga yang sangat terjangkau! Tempat-tempat terbaik untuk menikmati makanan-makanan ini memang bukan tempat-tempat kekinian yang bakal mempercantik Instagram kamu.

Tapi yang pasti, lidah dan perut kamu akan puas banget setelahnya.Eits, perlu dicatat kalau enggak semua makanan yang ada di dalam daftar rekomendasi Klook ini halal ya.

1. Nasi Campur Bali

Nasi Campur Ayam, Makanan Khas BaliKredit Foto: Daniel DOP via ShutterstockNgomongin makanan khas Bali, tentu saja harus menyebut Nasi Campur Bali di urutan pertama. Sesuai namanya, nasi campur (atau biasa dikenal juga dengan nasi rames) pada dasarnya adalah nasi dengan berbagai lauk dan sayur. Nah, untuk Nasi Campur Bali, biasanya yang disajikan adalah nasi serta suwiran daging, lawar atau urap, dan sate lilit. Enggak jarang juga yang dilengkapi dengan potongan telur rebus dan kacang tanah goreng. Oh ya, jangan lupa juga dengan sambal matahnya, ya!Saat liburan ke Bali, kamu bisa menemukan nasi campur dalam “tiga nama”: nasi campur babi yang berarti disajikan dengan daging babi guling; nasi campur ayam atau nasi ayam, yang disajikan dengan ayam suwir; atau nasi pedas, yaitu warung nasi campur yang menyajikan sambal pedas sebagai jualan utamanyaRekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Nasi Campur Bali:

  • Nasi Pedas Ibu Andika
  • Nasi Pedas Ibu Hanif
  • Nasi Ayam Ibu Oki
  • Warung Men Weti

2. Babi Guling

Babi Guling, Makanan Khas BaliKredit Foto: Chakkraphong Jinthawet via ShutterstockMakanan khas Bali ini populer banget bahkan di kalangan turis internasional! Maklum, babi guling memang salah satu kuliner Bali yang andalan banget; bagi yang bisa mengonsumsinya (tentu aja makanan ini enggak halal, ya), menikmati babi guling pas liburan ke Bali adalah keharusan.Sesuai namanya, babi guling adalah hidangan daging babi yang dimasak dengan cara dibakar utuh bersama berbagai rempah, lalu diputar-putar (diguling-guling) agar masak merata. Kemudian dagingnya disajikan bersama nasi campur, dengan tekstur daging yang empuk dan kaya rasa dari rempah.Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Babi Guling:

  • Babi Guling Pak Malen
  • Babi Guling Pak Dobiel
  • Babi Guling Ibu Oka

3. Ayam Betutu

Ayam Betutu, Makanan Khas BaliKredit Foto: Oen Michael via ShutterstockAyam Betutu merupakan kuliner khas dari Gilimanuk, berupa ayam yang dimasak dengan rempah pedas dalam waktu lama, sehingga menghasilkan hidangan ayam yang empuk dan pedas. Makanan khas ini adalah salah satu yang paling enggak boleh dilewatkan saat liburan ke Bali, apalagi buat kamu yang suka makanan pedas.Meski aslinya berasal dari Gilimanuk, kamu bisa menemukan ayam betutu di banyak tempat di Pulau Bali, terlebih di area wisata seperti Bali Selatan!Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Ayam Betutu:

  • Ayam Betutu Khas Gilimanuk
  • Ayam Betutu Men Tempeh
  • Warung Liku

4. Lawar

Lawar, Makanan Khas BaliKredit Foto: Pande Putu Hadi Wiguna via ShutterstockLawar adalah makanan khas Bali berupa lauk campuran sayuran dan daging yang dimasak dengan bumbu khas. Meski aslinya dibuat dengan daging babi, namun banyak kok lawar yang dibuat dengan daging ayam atau daging bebek, jadi bisa aman dikonsumsi untuk kamu yang muslim.Lawar gampang ditemukan dibanyak tempat, karena biasanya disajikan bersama Nasi Campur Bali.

5. Sambal Matah

Sambal Matah, Makanan Khas BaliKredit Foto: Odua Images via ShutterstockNah, untuk makanan yang satu ini juga biasanya disajikan dengan nasi campur. Bahkan saking populernya, sekarang juga banyak disajikan dengan ragam makanan lain, termasuk Salted Egg Rice yang populer banget beberapa tahun terakhir.Yup, Sambal Matah memang udah lebih dari sekadar sambal khas bali, tetapi merupakan salah satu sambal terpopuler di Indonesia! Kamu bisa dengan mudah menemukannya di Bali terutama saat menikmati Nasi Campur khas Bali.

6. Sate Lilit

Sate Lilit, Makanan Khas BaliKredit Foto: Ariyani Tedjo via ShutterstockSate Lilit adalah makanan khas Bali lainnya yang cukup unik karena daging yang digunakan akan dicincang terlebih dahulu, baru kemudian dililit ke tusukan dari batang bambu atau malah di batang daun serai! Rasanya luar biasa enak, dan salah satu kuliner Bali lainnya yang wajib banget kamu nikmati saat liburan ke Bali.Seperti lawar dan sambal matah, Sate Lilit juga gampang banget ditemukan terlebih di warung nasi campur. Kamu bahkan bisa menikmatinya di restoran seperti Bebek Tepi Sawah atau Bebek Bengil di Ubud.

7. Bebek Goreng

Bebek Goreng Tepi SawahBebek Crispy Tepi SawahBebek goreng memang bukan makanan Bali yang khas-khas banget, tapi kepopuleran dua restoran bebek, Bebek Tepi Sawah dan Bebek Bengil di Ubud bikin makanan ini juga patut masuk dalam daftar ini!Kalau kamu mengunjungi Ubud saat liburan ke Bali berikutnya, pastikan kamu juga mencoba hidangan bebek goreng di salah satu restoran. Dapatkan juga diskon 30% untuk hidangan Bebek Crispy Tepi Sawah atau Bebek Bakar Tepi Sawah dengan membeli voucher makan Bebek Tepi Sawah di Klook.Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Bebek Goreng:

  • Bebek Tepi Sawah
  • Bebek Bengil

8. Sate Babi

Sate Babi, Makanan Khas BaliKredit Foto: Ariyani Tedjo via ShutterstockSesuai namanya, Sate Babi adalah sate yang menggunakan daging babi (ya tentu saja!). Nah, cara pembuatannya juga mirip pembuatan sate ayam atau sate kambing (enggak seperti sate lilit yang menggunakan daging giling), tapi enggak disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap, ya.Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Sate Babi:

  • Sate Babi Bawah Pohon
  • Sate Plecing Arjuna

9. Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang, Makanan Khas BaliKredit Foto: Odua Images via ShutterstockRujak memang bukan makanan khas Bali, tetapi rujak dengan bumbu kuah pindang? Nah, itu baru khas! Rujak Kuah Pindang ini memang unik karena tidak disajikan dengan bumbu rujak biasa, melainkan dengan kuah pindang ikan tuna yang dibuat pedas. Isiannya pun seperti rujak biasanya, seperti irisan mangga muda atau buah lainnya.Berani coba rujak unik khas Bali ini?Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Rujak Kuah Pindang:

  • Warung Rujak Glogor
  • Depot Rujak Kuah Pindang VIP

10. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng, Makanan Khas BaliKredit Foto: Ariyani Tedjo via ShutterstockSekilas, Nasi Tepeng memang keliatan kayak nasi campur biasa. Biasanya disajikan dengan nangka muda, ayam goreng, kacang panjang, atau telur dan dibungkus daun pisang. Tapi ada yang unik dalam persiapan dan penyajian nasinya: nasi tepeng dibuat dengan santan dan bumbu-bumbu seperti kunyit, daun salam, serta garam.Lalu setelah akan disajikan, nasi tepeng akan disiram dengan bumbu khas dan parutan kelapa. Baru dilengkapi dengan lauk pauknya. Oh ya, uniknya lagi, tekstur nasi tepeng tidak keras seperti nasi uduk, tapi lembek.Makanan khas ini berasal dari Gianyar, jadi kalau kamu sedang ke arah Gianyar misalnya saat berkunjung ke Bali Safari Park, kamu bisa sambil berburu Nasi Tepeng juga!

11. Sop Kepala Ikan

Satu lagi makanan Bali yang sebenarnya bukan khas Bali banget tapi karena ada satu tempat yang luar biasa populernya, jadi wajib dimasukin ke dalam daftar ini. Apa lagi kalau bukan karena popularitas Warung Mak Beng, tempat makan seafood yang terkenal banget dengan sop kepala ikannya!Terletak di area Pantai Sanur, Warung Mak Beng memang wajib dikunjungi kalau lagi main-main ke Sanur. Cobain ikan gorengnya serta sop kepala ikannya yang legendaris di sini, sebelum menyeberang ke Pulau Nusa Penida dari Sanur atau setelah berburu foto-foto sunrise di Pantai Sanur!Rekomendasi Tempat Makan Terbaik untuk Sop Kepala Ikan:

  • Warung Mak Beng

Panduan Nusa Penida: Wisata Alam Terindah di Bali, Hanya 45 Menit dari Sanur!Jika kamu berniat untuk mengunjungi Nusa Penida, tak perlu khawatir bingung mau ke mana karena Klook akan memberikan panduan lengkapnya di sini!

12. Tipat Blayag

Tipat Blayag, Makanan Khas BaliKredit Foto: Sudarsani Ida Ayu Putu via ShutterstockTipat Blayag merupakan makanan khas Bali dari Buleleng, berupa ketupat yang dibuat menggunakan daun enau atau daun aren, lalu disajikan dengan urap, suwiran ayam, telur rebus, atau bahkan sate lilit. Lalu perpaduan ini disiram dengan kuah yang khas.

13. Seafood Jimbaran

Seafood JimbaranKredit Foto: Cocos.Bounty via ShutterstockJimbaran Sunset BaliKredit Foto: Jody Fitrady via ShutterstockYup, seafood juga bukan makanan khas Bali sih, tetapi siapa sih yang gak tau betapa ikoniknya menyantap seafood di Pantai Jimbaran ketika matahari terbenam? Saking ikoniknya, menyantap seafood di Jimbaran udah jadi sebuah kekhasan yang harus dicoba wisatawan yang pergi liburan ke Bali.

Sumber:klook.com

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *