Wisata Religi di 10 Masjid Terbesar dan Termegah di Indonesia

Indonesia merupakan Negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Tidak heran apabila, anda bisa menemukan banyak masjid disini. Tak hanya itu saja, anda juga bisa menjumpai masjid dengan arsitektur yang sangat cantik dan indah disini. Seperti yang telah kita ketahui, hamper di setiap kawasan di Indonesia, anda bisa menemukan masjid dengan mudah. Selain itu, anda juga bisa menemukan masjid terbesar dan termegah di Indonesia.
Daftar masjid terbesar dan termegah di Indonesia
Jika anda penasaran apa saja masjid yang berukuran besar dan megah di Indonesia, anda bisa langsung menyimak ulasan di bawah ini. Dan masjid yang ada di bawah ini juga dipengaruhi oleh budaya asing yang berasal dari India, China dan Arab.

Berikut Masjid Terbesar di Indonesia

1. Masjid Istiqlal di Jakarta


Jika anda sedang mengunjungi Jakarta, maka sempatkanlah diri anda untuk mengunjungi masjid terbesar yang ada di asia tenggara yakni Masjid Istiqlal. Masjid ini sendiri layak berada di urutan pertama karena kemewahan yang dimiliki. Pembangunan dari masjid ini sendiri diprakarsai oleh Presiden RI pertama yakni IR Soekarno dengan arsitek bernama Frederich Silaban.
Pembangunan dari masjid ini sendiri sudah dimulai sejak 24 agustus 1951.

Disini, anda akan melihat arsitektur masjid bergaya modern dengan lantai dan dinding yang dilapisi dengan marmer. Disini, anda juga bisa melihat menara dengan ketinggian lebih dari 96 meter. Uniknya lagi, masjid ini bisa menampung jamaah hingga 200 ribu. Jika anda tertarik, anda bisa datang ke kawasan bekas taman Wilhelmina.

2. Masjid Al-Akbar di Surabaya


Surya – Tribunnews.com


Masih ada lagi salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia, tepatnya berada di Surabaya. Anda bisa menemukan masjid megah bernama Al-Akbar. Masjid ini sendiri sudah dibangun sejak 1995 silam oleh Presiden KH Abdurrahman Wahid. Untuk peresmiannya pada tahun 2000.
Adapun keunikan yang bisa anda jumpai ketika melihat kemegahan dari masjid ini yakni dari desain arsitektur yang unik dan menarik. Masjid ini juga mempunyai 4 kubah kecil yang terlihat seperti daun berwarna tosca. Bagi anda yang tertarik untuk melihat kota Surabaya dari atas ketinggian maka anda bisa naik ke menara masjid dengan menggunakan lift. Menara masjid itu sendiri memiliki ketinggian 99 meter.

3. Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri di Depok


iNews.id


Masjid Dian Al Mahri ini juga dikenal dengan sebutan masjid kubah emas. Hal ini bukan tanpa sebab karena anda akan menemukan kubah berwarna emas yang membuat masjid ini tampak sangat megah. Uniknya, kubah tersebut ternyata juga dilapisi dengan emas setebal 3 mm dengan mozaik Kristal.
Masjid ini bisa menampung Jemaah sekitar 20 ribu. Tentu sudah bisa anda bayangkan bagaimana kemegahannya bukan. Disini, anda juga bisa melihat 1 kubah utama yang dilengkapi dengan 4 kubah kecil. Bahkan beberapa kaligrafi unik juga bisa anda temukan disini.
Masjid ini sendiri meniru gaya arsitektur bangunan yang berasal dari timur tengah.

4. Masjid An Nur di Pekanbaru

wisatasumatera.com


Karena keindahan yang dimiliki oleh masjid ini, banyak orang yang menjadikan masjid ini sebagai destinasi wisata religi yang wajib ada ketika sedang mengunjungi Pekanbaru. Nah, masjid ini sendiri sudah dibangun sejak tahun 1963 hingga 1968.
Jika dilihat sekilas dari sudut tertentu, maka masjid ini akan terlihat seperti Taj Mahal yang ada di India. Untuk arsitektur masjid ini sendiri dirancang oleh Ir Suseno dengan meniru gaya Melayu. Arab, India dan Turki. Sedangkan, masjid ini memiliki 3 lantai. Adapun beberapa fasilitas menarik yang dimiliki oleh masjid ini yakni seperti adanya TK, SD, SMP, aula dan masih banyak lagi.

5. Masjid Raya Baiturrahman di NAD

merahputih.com


Jika anda ingin melihat salah satu situs bersejarah yang masih bertahan hingga saat ini di Aceh maka cobalah untuk menyambangi Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini sendiri juga menjadi salah satu masjid terbesar dan termegah di Indonesia. Sedangkan untuk pembangunan masjid ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 1973 pada masa Kesultanan Aceh.
Menurut sejarah, masjid ini ternyata juga pernah dibakar oleh Belanda di tahun 1973. Hal inilah yang memicu kemarahan masyarakat aceh dan akhirnya kembali membangun masjid.
Arsitektur dari masjid ini sendiri diprakarsai oleh de Bruchi dengan gaya Moghul atau india. Selain itu, masjid ini juga sudah beberapa kali mengalami perluasan.

6. Masjid Islamic Centre di Samarinda


Masjid yang bernama Islamic Centre yang berada di kawasan Samarinda ini sendiri menjadi masjid terbesar nomor 2 yang ada di Asia Tenggara dengan luas mencapai 43.500 meter persegi. Bangunan dari masjid ini juga sangat megah karena terdiri dari 7 menara yang menghiasi dengan ketinggian 99 meter.
Untuk dinding luas dari masjid dilengkapi dengan lafadz asmaul Husna dengan memanfaatkan batu granit. Jika dilihat, kubah dari masjid ini mirip dengan Haghia Sophia yang ada di Istanbul.

7. Masjid Al Irsyad di Bandung

rchdaily.com


Siapa yang tidak kenal Bandung? Nah, berbagai macam hal memang bisa anda temukan dengan mudah di kota ini termasuk masjid yang megah. Masjid ini sendiri memang baru dibangun sekitar 2009 silam tetapi pesona telah memikat banyak orang. Masjid ini sendiri memiliki bentuk seperti kubus besar dengan adanya warna dasar abu-abu.
Tak hanya itu saja, memasuki area masjid, anda akan disuguhi dengan 99 lampu dengan bentuk kotak dan tulisan nama Allah. Masjid ini sendiri dirancang oleh Ridwan Kamil.

8. Masjid Agung di Semarang


frontoneinnsemarang.com


Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di Jalan Gayah Raya Semarang ini juga layak dijadikan sebagai masjid termegah di Indonesia. Masjid yang diresmikan oleh SBY pada tahun 2006 ini memiliki arsitektur yang sangat unik.
Masjid yang berdiri diatas tanah seluas 10 hr ini memiliki desain arsitektur Jawa-Yunani. Gaya bangunan Jawa bisa anda temukan pada desain tanjung dibawah pilar utama. Sedangkan gaya Yunani pada 25 pilar berwarna ungu

9. Masjid Agung di Tuban

kontraktorkubahmasjid.com


Bergeser ke kawasan Tuban Jawa Timur, anda juga bisa melihat masjid dengan bangunan yang sangat megah yakni masjid agung tuban. Masjid ini sendiri pada mulanya memiliki nama Masjid Jami.
Ornamen yang ada di masjid ini juga sangat unik terutama arsitektur jawa Klasik bisa anda lihat disini. Pada malam hari, pesona yang dimiliki oleh masjid ini lebih menarik

10. Masjid Agung di Madura

infomasjidkita.com


Di Madura ternyata juga terdapat masjid terbesar dan termegah yakni Masjid Jamik Panembahan Somala atau Masjid Agung. Masjid ini sendiri memang sudah ada sejak pemerintahan panembahan Somala dengan arsitek bernama Lauw Piango di tahun 1779 M.
Arsitektur yang ada disini dipengaruhi oleh kebudayaan Eropa, Jawa, Madura, serta Eropa dengan dilengkapi adanya menara setinggi 50 meter
Demikian 10 masjid terbesar dan termegah di Indonesia dan anda bisa menjadikan masjid tersebut sebagai destinasi wisata religi.

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *