12 Menu Sarapan Enak & Alami Ini Bikin Kenyang Lama, Bagus untuk Diet

SURABAYA, AYOSURABAYA.COM – Sarapan berperan besar dalam penurunan berat badan. Terdapat banyak menu diet sehat dan alami yang membantu kenyang lebih lama. Hal ini tentu bagus bagi Anda yang sedang diet dan ingin makan makanan enak.

Menu sarapan yang tepat dapat membantu mengurangi rasa lapar hingga siang, membuat Anda tetap bertenaga, dan juga lebih sehat dan langsing.

Berikut menu sarapan yang dianjurkan dan bikin badan jadi langsing, dilansir dari berbagai sumber:

1. Telur

Telur kaya nutrisi. Anda bisa mengolahnya dengan direbus, didadar, atau sekedar dimasak mata sapi saja juga oke.

Ada berbagai vitamin, mineral selenium dan riboflavin, protein, juga nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja di pagi hari. Protein dalam telur membantu menurunkan rasa lapar dan nafsu makan.

2. Wheat germ atau gandum utuh

Ini adalah jenis gandum yang belum diolah menjadi tepung. Gandum ini mudah didapatkan dengan harga murah. Anda bisa konsumsi dalam bentuk roti gandum utuh yang bisa diperoleh di toko swalayan.

Terdapat vitamin dan mineral seperti mangan, tiamin, dan selenium juga serat pada gandum utuh. Jumlah seratnya mencapai hampir 4 gram per porsi 1 ons. Ini baik untuk membuat Anda tetap kenyang dalam waktu lama dan menstabilkan gula darah.

3. Pisang

Satu buah yang berukuran sedang mengandung setidaknya 100 kalori dan 3 gram serat makanan. Ini baik untuk memenuhi perut yang sedang kosong saat pagi, mencegah keinginan ngemil, sekaligus menjaga agar kebutuhan nutrisi terpenuhi.

4. Yoghurt

Yoghurt adalah olahan susu yang kaya protein dan berbagai kandungan bermanfaat lainnya. Selain mengenyangkan, minuman ini juga baik bagi pencernaan. Tentu juga melangsingkan tubuh seperti yang Anda inginkan.

5. Buah kiwi

Buah kiwi kaya vitamin C, K, dan kalium, juga serat. Ini baik bagi kesehatan dan program diet Anda. Sarapan dengan buah-buahan, tidak hanya buah kiwi, sebenarnya dapat membantu mengenyangkan dan bikin langsing.

6. Oatmeal

Oatmeal direkomendasikan sebagai salah satu menu sarapan yang sehat, kaya serat, nutrisi, dan mencegah lapar dalam waktu lama. Dalam satu cangkir (235 gram) oatmeal, Anda sudah bisa beraktivitas penuh energi dan tidak gampang lapar.

7. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan adalah kacang almond, kedelai, polong, kacang hijau, dan lainnya yang mudah Anda dapatkan di pasar. Kacang-kacangan dikenal kaya serat dan nutrisi, mineral, serta protein nabati.

8. Jeruk Bali

Jeruk bali sangat kaya akan vitamin C yang membantu menjaga keelastisan arteri dan juga memperkuatnya. Pektin, sebuah senyawa dalam jeruk bali diketahui dapat membantu mengurangi penumpukan dalam arteri. Mengonsumsi jeruk bali secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan.

Selain itu, buah ini juga sangat bermanfaat bagi para penderita diabetes karena mereka membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Jeruk bali juga mengandung enzim pembakar lemak yang dapat menurunkan berat banda Anda karena mereka mencegah gula dan pati (karbohidrat yang tidak larut dalam air) disimpan di dalam tubuh.

9. Kopi

Menurut sebuah laporan penelitian yang dipublikasi dalam Journal of the American Medical Association’s Jama Internal Medicine, seseorang yang senang meminum kopi memiliki kemungkinan lebih kecil untuk meninggal dalam kurun waktu 10 tahun dibandingkan dengan orang yang tidak minum kopi. Orang yang meminum tiga sampai empat gelas kopi perhari memiliki risiko kematian dini dan penyakit jantung lebih rendah.

10. Teh Hijau

Teh hijau membantu meringankan resistensi insulin dan gangguan kognitif yang disebabkan oleh diet tinggi fruktosa, menurut sebuah penelitian terbarudalam FASEB Journal. Selain itu, teh hijau juga efektif dalam mengurangi toksisitas ginjal dan kerusakan yang disebabkan oleh cisplatin (sebuah obat anti-kanker), menurut para peneliti di AIIMS.

11. Apel

Para peneliti dari Universitas Oxford melacak kebiasan diet dari setengah juta orang dewasa. Mereka menemukan bahwa hanya 100 gram porsi buah seperti apel dan pisang sehari dapat mengurangi sepertiga dari risiko terkena penyakit kardiovaskular. Serat larut dan beberapa senyawa tertentu seperti pektin dalam apel telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Akan tetapi, sebelum memakannya, Anda harus benar-benar yakin bahwa buah tersebut masih dalam keadaan segar.

12. Buah beri

Aneka variasi buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, sampai raspberry memiliki kadar kalori yang rendah, namun kaya akan nutrisi penting. Bukan itu saja, buah beri bahkan mengandung serat tinggi, yang bisa mengurangi rasa lapar dan konsumsi makanan.

Sajikan buah beri dalam bentuk smoothie, campurkan dengan oatmeal, atau santap bersama yoghurt untuk mendapatkan manfaatnya dalam menurunkan berat badan.

Sumber: ayo surabaya.com

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *