10 Destinasi Wisata Paling Indah di Brussels, Kapan ke Sini?

Brussels merupakan ibu kota Belgia. Kota ini tergolong kecil dengan luas wilayah yang hanya mencapai 161,4 kilometer persegi. Sebagian besar arsitektur bangunan-bangunan yang ada di Brussels bergaya gotik dan barok yang memukau.https://21f84a6930d81743578f0ad73bd03f43.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html?n=0

Meskipun termasuk kota kecil, namun Brussels yang menjadi pusat ekonomi dan pendidikan utama di Belgia ini memiliki beragam destinasi wisata yang seru dan menarik untuk dikunjungi seperti berikut ini. Simak yuk!

1. Mannekin Pis

instagram.com/disneyphotoblographyinstagram.com/disneyphotoblography

Mannekin Pis merupakan landmark paling terkenal di kota Brussels yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tidak ada yang tahu pasti tentang sosok patung anak kecil yang sedang buang air kecil tersebut, namun banyak yang menyebutnya sebagai “warga tertua kota Brussels”.

Uniknya ketika ada perayaan atau festival besar di Brussels, patung itu akan dipakaikan kostum berdasarkan perayaan atau festival yang sedang berlangsung.

Alamat: Rue de l’Etuve, Central Brussels

2. Grand Place

instagram.com/alejandro_garcia.alexinstagram.com/alejandro_garcia.alex

Grand Place merupakan sebuah alun-alun yang terkenal karena balai kotanya memiliki gaya arsitektur gildehuizen yang unik dengan atap pelana, pilaster, batu yang diukir indah, dan dekorasi bangunan yang terbuat dari emas.

Di dalamnya terdapat sebuah ruangan khusus untuk para dewan dan aula berukuran besar dengan dinding mural yang menggambarkan sejarah kota Brussels.

Alamat: Grand Place, Central Brussels

3. Place Royale

instagram.com/frankyehtravelsinstagram.com/frankyehtravels

Place Royale merupakan istana kerajaan dan menjadi tempat tinggal resmi keluarga kerajaan Belgia. Ini adalah tempat favorit para wisatawan untuk berfoto. Biasanya setiap akhir bulan Juli hingga akhir Agustus ada tur berpemandu gratis ke bagian dalam istana.

Sementara itu di sekitar istana juga terdapat ansambel bangunan budaya yang memiliki arsitektur neoklasik, Palais des Académies, Royal Academy of Sciences yang pernah menjadi tempat tinggal Putra Mahkota Orange dan Palais des Beaux-Arts (Paleis voor Schone Kunste) yang lokasinya ada di sisi barat alun-alun.https://21f84a6930d81743578f0ad73bd03f43.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html?n=0

Alamat: Place des Palais, Central Brussels

4. Saint-Michel Cathedral

instagram.com/nessinhavogelinstagram.com/nessinhavogel

Didirikan pada tahun 1225, bangunan Saint-Michel Cathedral masih berdiri kokoh dengan menara kembar yang tingginya 69 meter. Perabotan di dalamnya pun sangat mewah. Kaca patrinya saja dibuat khusus oleh Bernard van Orley.

Alamat: Parvis Street Gudule, Central Brussels

5. Fine Arts Belgium

instagram.com/brusselsmuseumsinstagram.com/brusselsmuseums

Fine Arts Belgium merupakan galeri seni terbesar dan terbaik di dunia. Beberapa karya terkenal yang dipamerkan meliputi Adoration of the Magi karya Gerard David, The Mourning of Christ karya Rogier van der Weyden, Pietà oleh Petrus Christus, Judgment of the Emperor Otto oleh Dirk Bouts, dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Notre-Dame du Sablon

instagram.com/annemariethevelininstagram.com/annemariethevelin

Notre Dame du Sablon merupakan gereja yang dibangun pada abad ke-15. Memiliki arsitektur bergaya gotik, gereja ini menjadi yang terindah di Belgia.

Interiornya saja begitu mempesona dengan kaca patri yang luar biasa. Di dalam gereja terdapat kapel pemakaman keluarga Thurn und Taxis dan berbagai karya yang menakjubkan dari Luc Fayd’herbe.

Alamat: Rue de la Regence, Central Brussels

7. Abbaye de la Cambre

instagram.com/ourbelgiuminstagram.com/ourbelgium

Abbaye de la Cambre merupakan bekas gereja biara yang dibangun pada abad ke-14. Bangunan gereja tampak elegan dengan kubah bergaya barok di atasnya. Di belakang gereja terdapat sebuah taman yang luas dan indah.

Sedangkan di dalam gereja terdapat lukisan karya Albert Bouts, kuil St. Boniface, dan Uskup Brussel abad ke-13.

Alamat: Rue du Monastere, Saint Gilles, Brussels

8. Mont des Arts

instagram.com/lwbhinstagram.com/lwbh

Mont des Arts didirikan pada tahun 1956 dan selesai pada tahun 1958. Letaknya ada di antara Place Royale dan Place de l’Albertine. Kompleks bangunan ini memiliki arsitektur yang mengesankan.

Menyajikan pemandangan yang indah, Mont des Arts selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara.

Alamat: Boulevard de l ‘Empereur, Central Brussels

9. Parc du Cinquantenaire

instagram.com/clhphotographyinstagram.com/clhphotography

Pembangunan Parc du Cinquantenaire pada tahun 1880 adalah untuk memperingati ulang tahun Belgia yang ke-50.

Di bagian tengahnya terdapat monumen Palais du Cinquantenaire yang dirancang oleh arsitek Prancis bernama Charles Girault, Museum Seni dan Sejarah Kerajaan dengan koleksi arkeologi nasional Belgia dan permadani paling luas di dunia serta Museum Angkatan Darat Belgia dan Museum Sejarah Militer yang dapat memberikan informasi mengenai perkembangan teknologi militer di Belgia.

Alamat: Avenue de la Renaissance, Central Brussels

10. Basilique Nationale du Sacré Coeur

instagram.com/bestcitybreaksinstagram.com/bestcitybreaks

Basilique Nationale du Sacré Coeur yang pembangunannya baru selesai pada tahun 1905 merupakan gereja terbesar kelima di dunia. Ukurannya saja 141 meter kali 107 meter.

Di dalamnya terdapat koleksi seni dan pameran yang menceritakan tentang sejarah basilika. Pungunjung dapat melihat pemandangan kota dan keindagan desa Antwerpen dari atas cungkup. Bahkan mereka juga dapat menyewa teropong, lho.

Alamat: Parvis de la Basilique 1, Koekelberg, Brussels

Nah, itulah beberapa destinasi wisata paling indah yang ada di Brussels. Semua bangunannya memiliki gaya arsitektur unik yang mampu menarik minat para wisatawan untuk mengunjunginya. Jadi, kapan kamu ke sini?

Sumber:IDN Times

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *