7 Wilayah di Indonesia dengan Suhu Dingin, Ada Saljunya

NEGARA Indonesia berada di garis khatulistiwa dengan iklim tropis. Meskipun matahari menyinari negara ini sepanjang tahun, sensasi suhu dingin masih bisa dirasakan di negara ini. 

Berikut wilayah bersuhu dingin yang dapat ditemukan di Indonesia:

1. Mulia, Papua 

Mulia adalah sebuah kota pegunungan kecil yang berada di ketinggian 2.448 mdpl. Kota ini berlokasi di Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Papua. Pada malam hari, suhu di kota ini dapat mencapai hingga 9 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu titik beku karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Pegunungan Puncak Jaya Wijaya yang terkenal dengan saljunya.

2. Berastagi, Sumatera Utara 

Wilayah Berastagi ini terletak di Karo, Sumatera Utara yang diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Wilayah yang berada di ketinggian 1.300 mdpl ini menjadi salah satu kota terdingin di Indonesia.

3. Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Kota kecil yang terletak di Kabupaten Manggarai, NTT ini merupakan salah satu kota dengan suhu dingin di Indonesia. Kota Ruteng berada di ketinggian 1.200 mdpl membuat kota ini dikenal memiliki suhu yang dingin dan berhawa sejuk di Indonesia. Kota ini juga lengkap dengan pemandangan bangunan modern yang indah dan disebut-sebut sebagai Praha versi Indonesia.

4. Batu, Jawa Timur

Kota Batu merupakan salah satu kota yang paling dingin di Indonesia. Kota ini berada di ketinggian antara 700 hingga 1.700 mdpl. Suhu di kota ini bisa mencapai 12 hingga 19 derajat celcius. Kota di Jawa Timur ini cukup terkenal dengan kesejukan dan pesona yang ditawarkannya.

5. Gayo Lues, Aceh

Kabupaten Gayo Lues sudah sangat terkenal dengan udara dinginnya. Wilayah ini berada di ketinggian 1.000 mdpl dan merupakan jalur pendakian menuju Gunung Leuser. Di samping udara dingin, wilayah ini tentu sudah terkenal dengan kopi Gayo yang namanya sudah mendunia.

6. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

Wilayah di Kabupaten Bandung yang terkenal dengan wisata Kawah Putih ini berada di ketinggian yang mencapai 1.200 mdpl. Ciwidey menjadi salah satu wilayah paling dingin di Indonesia. Meskipun terik matahari tidak surut di wilayah ini, suhu dingin tetap bisa dirasakan.

7. Padang Panjang, Sumatera Barat

Kota yang terletak di Sumatera Barat ini berada di ketinggian sekitar 650-950 mdpl membuat daerah ini menjadi salah satu daerah yang bersuhu dingin di Indonesia. Di samping itu, kota ini juga dikelilingi oleh berbagai gunung, yaitu Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat. Selain suhunya yang dingin, curah hujan di daerah ini juga cukup tinggi.

Sumber:Okezone.com

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *