5 Resep Olahan Telur buat Kamu yang Gak Punya Banyak Waktu, Enak!

Bosan gak sih dengan olahan telur yang itu-itu aja? Telur dadar, mata sapi, atau telur rebus. Mau cobain menu baru, tapi takut ribet sama bahan-bahan yang banyak atau gak punya waktu banyak buat masak.

Eits…tenaang, sekarang kamu bisa menikmati olahan telur lezat yang praktis dengan bahan yang mudah didapat. Cobain resep olahan telur di bawah ini yuk!

1. Telur krispi kriuk

iklantravel.comiklantravel.com

Nah, ini nih makanan 2in1 yang praktis dan enak. Selain bisa untuk lauk, bisa juga untuk teman saat ngerjain tugas atau nonton film. Gak ribet, kok bikinnya.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur ayam
  • 1 bungkus tepung bumbu serbaguna
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan tambahkan garam sesuai selera.
  2. Panaskan teflon, lalu goreng tipis. Lalu, angkat dari teflon dan iris tipis persegi panjang.
  3. Larutkan satu bungkus tepung bumbu serbaguna menggunakan 5 sendok air dingin (lebih bagus air es).
  4. Balur telur yang sudah diiris tipis tadi dengan adonan tepung bumbu serbaguna.
  5. Setelah terbalur dengan rata, goreng adonan dengan menggunakan minyak panas hingga cokelat keemasan, angkat lalu tiriskan.

2. Telur kukus

masakanpraktisrumahan.commasakanpraktisrumahan.com

Bisa dibilang ini salah satu olahan telur yang sehat lho. Selain terhindar dari lemak minyak jahat, kamu juga bisa menambahkan sayur favorit.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur ayam
  • 3 kotak tahu putih
  • 2 batang dau bawang yang sudah dirajang halus
  • 1 batang wortel ukuran kecil yang dirajang tipis
  • garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Rebus tahu selama 5 menit, tiriskan dan haluskan dengan menggunakan sendok.
  2. Campur tahu yang sudah dihaluskan dengan telur, daun bawang, dan irisan wortel. Jangan lupa menambahkan garam.
  3. Setelah tercampur rata, tuangkan adonan ke cetakan atau mangkuk, kukus selama 15 menit.
  4. Keluarkan adonan telur kukus dari cetakan. Telur kukus siap dihidangkan.

3. Telur dadar gulung

sidomi.comsidomi.com

Buat pecinta drama Korea, pasti gak asing lagi dengan telur dadar gulung di atas. Coba bikin sendiri yuk!

Bahan-bahan:

  • 2 telur ayam
  • 2 batang daun bawang yang sudah dirajang halus
  • 1 batang wortel lalu potong dadu kecil
  • garam dan merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Kocok telur ayam, campur dengan irisan daun bawang, potongan dadu kecil wortel, serta masukan garam.
  2. Panaskan teflon dengan api sedang, lalu tuang sedikit adonan telur tadi.
  3. Jika sudah agak matang tapi adonannya masih basah, lipat telur dan sisakan sedikit ujung telur. Tuang lagi sisa adonan telur sebelumnya, lakukan lipatan beberapa kali sampai membentuk gulungan.
  4. Setelah telur matang kuning keemasan, angkat dan potong potong sesuai selera.

4. Kentang goreng telur ceplok

Udah sarapan pagi tapi masih tetap lapar? Menu satu ini cocok buat kamu yang gampang lapar. Bahan dan cara pembuatannya simpel banget. Bisa kamu coba untuk menu sarapan.

Bahan-bahan:

  • 3 butir telur
  • 2 buah kentang
  • 2 buah wortel
  • 1 batang daun bawang
  • merica dan garam

Cara membuat:

  1. Parut memanjang kentang dan wortel yang sudah dikupas menggunakan parutan keju,lalu rebus selama 5 menit.
  2. Potong halus daun bawang.
  3. Campurkan parutan kentang dan wortel daun bawang dengan satu butir telur, tambahkan garam merica, lalu aduk rata.
  4. Setelah tercampur, goreng adonan menggunakan teflon. Bentuk bulat dan beri lubang di tengah seperti donat. Setelah agak matang, beri kuning telur mentah di tengahnya. Goreng hingga matang atau setengah matang sesuai selera.

5. Sandwich telur mayo

thezonghan.comthezonghan.com

Lezat, simpel, murah, praktis, dan bisa dibawa ke mana-mana, mungkin itu definisi makanan terakhir ini.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur ayam rebus
  • 1 bungkus roti tawar kupas
  • 1 sachet mayones pedas atau biasa
  • 1 bungkus keju slice
  • 3 sendok makan mentega

Cara membuat:

  1. Hancurkan telur rebus dengan menggunakan garpu.
  2. Campur telur yang sudah hancur dengan mayones, aduk sampai rata.
  3. Olesi roti tawar kupas dengan mentega, lalu isi roti dengan telur mayo, keju slice, telur mayo lagi di atasnya, kemudian ditutup dengan roti kupas.
  4. Potong roti menjadi 2 bagian.

Itulah 5 resep olahan telur yang enak dan praktis. Nah, kan gak bingung lagi kalau mau bikin menu simpel nan lezat. Kamu mau cobain yang mana dulu nih?

Sumber:IDN TIMES

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *