5 Etika Wisata ke Rusia

Negara beruang merah, Rusia kini semakin dilirik oleh para traveller Indonesia. Karena meskipun biaya perjalanan ke Rusia cukup mahal. Namun, Rusia memiliki begitu banyak tempat wisata yang sangat indah untuk dikunjungi. Untuk RoomMies yang mungkin berencana liburan ke Rusia. Yuk, simak dulu etika berlibur ke Rusia di bawah ini.

Melakukan etika yang baik ketika berkunjung ke Rusia bermanfaat untuk memudahkanmu beradaptasi sekaligus lebih mudah diterima oleh masyarakat sekitar. Beberapa tempat menarik di Rusia yang patut dikunjungi adalah hermitage di st. Petersburg, red square di Moskow, dan istana kremlin St.Petersburg di Moskow.

Etika Wisata ke Rusia

Beberapa etika wisata ke Rusia yang sebaiknya RoomMies patuhi, yaitu:

1. Jangan tersenyum kepada orang yang tidak dikenal

Jika di Indonesia tersenyum pada orang yang tidak di kenal berarti menunjukkan keramahan. Namun, tidak halnya dengan di Rusia. Tersenyum pada orang yang tidak dikenal justru akan terasa aneh dan menyeramkan untuk orang Rusia. Karena orang Rusia akan menganggap bahwa ada sesuatu yang aneh dari tampilannya atau justru meledek. Jadi, sebisa mungkin jangan sekali-sekalinya tersenyum pada orang yang tidak di kenal sama sekali ya.

2. Jangan bersalaman dengan menggunakan sarung tangan

Hal lain yang perlu kamu perhatikan saat berwisata ke Rusia adalah hindari bersalaman dengan sarung tangan ya. Meskipun udara di Rusia terasa sangat dingin, berusahalah untuk tetap melepas sarung tangan selama beberapa saat ketika berjabat tangan. Misalnya dengan pemilik dorm yang kamu sewa. Karena bersalaman dengan sarung tangan terkesan kurang sopan dan tidak menghargai orang yang diajak bersalaman.

3. Jangan minum air keran

Beberapa negara di Eropa mungkin menyediakan kran air bersih untuk diminum pada sebagian tempat. Namun, tidak halnya di Rusia. Di Rusia memang tersedia beberapa kran air di jalanan. Namun, air tersebut tidak bisa diminum karena bukanlah air yang bersih. Air yang disediakan tersebut hanya bisa digunakan untuk berkumur saja. Oleh karena itu, cara paling aman untuk mendapatkan air minum yang bersih dan bisa diminum secara langsung adalah dengan membeli air mineral kemasan di restoran atau supermarket.

4. Bawa hadiah kecil untuk tuan rumah

Jika kamu diundang untuk menghadiri perjamuan makan malam oleh orang Rusia, jangan lupa untuk membawakannya hadiah kecil ya. Seperti cokelat, gantungan kunci, atau pajangan. Karena jika tidak melakukan hal ini, maka kamu akan disebut sebagai orang yang sombong. Jika kamu ingin membawakan bunga. Pastikan jumlah bunganya ganjil. Karena bunga dalam jumlah genap, biasanya hanya ditujukan untuk prosesi kematian.

5. Bantu dan hormati orang yang lebih tua

Aturan ini sebenarnya tidak hanya berlaku di Rusia, tapi mungkin di sebagian besar negara di Dunia. Namun, aturan ini juga harus kamu terapkan ketika berada di Rusia. Jika kamu bertemu dengan orang tua di jalan jangan ragu untuk menawarkannya membawakan barangnya yang berat. Dan jika kamu bertemu orang yang lebih tua di kendaraan umum, jangan lupa untuk memberikannya kursi sebagai tanda kamu menghormatinya ya.

Setiap negara memiliki etikanya masing-masing, termasuk Rusia. Jadi jangan lupa untuk selalu mematuhi etika yang sesuai dengan negara tujuan ya, agar RoomMes bisa diterima dengan mudah di suatu negara tujuan. Seperti kata pepatah “Dimana bumi dipijak, disitu langit di junjung”.

Sumber:roomme.id

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *