Sebelum Beli, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 8

Telset.id, Jakarta – Asus akhirnya resmi merilis iterasi terbaru dari Zenfone series dalam wujud Zenfone 8. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone teranyar Asus ini?

Untuk diketahui, Asus Zenfone 8 resmi dijual dengan harga 599 Euro atau setara Rp 10,3 jutaan. HP terbaru dari Asus ini juga sudah dipastikan akan masuk ke Indonesia, meski belum diketahui harga pastinya.

Nah, sambil menantikan kedatangan smartphone ini ke Tanah Air, ada baiknya untuk mengetahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan dari Asus Zenfone 8, apa saja ya kira-kira?

Kelebihan Asus Zenfone 8

Pastinya ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Asus pada seri Zenfone 8. Apalagi ini merupakan salah dua fokus Asus untuk lini smartphone, selain dengan ROG Phone.

Untuk lebih jelasnya, berikut sejumlah kelebihan yang dimiliki oleh Asus Zenfone 8. Check this out!

1. Performa Gahar Snapdragon 888

Snapdragon 888

Urusan performa tak perlu lagi dipertanyakan. Sebab, Asus sudah membenamkan chipset tertinggi dari Qualcomm saat ini, apalagi kalau bukan Snapdragon 888.

Menurut Qualcomm, chipset ini menawarkan peningkatan kinerja lebih tinggi hingga 25% jika dibandingkan dengan Snapdragon 865.

Kinerja dari chipsetnya ini juga ditopang dengan 3 varian RAM dengan kapasitas 6 GB/8 GB/16 GB. Sedangkan memori penyimpanannya tersedia dalam pilihan 128 GB dan 256 GB.

2. Layar AMOLED dengan Refresh Rate 120Hz

Layar Asus Zenfone 8 (Foto: GSMArena)

Kinerja dapur pacu yang powerfull juga didukung layar yang mumpuni. Pada seri smartphone flagshipnya ini, Asus memilih menggunakan layar AMOLED berukuran 5,9 inci dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel.

Menariknya lagi, layar ini sudah mendukung fitur refresh rate 120Hz dan juga touch sampling rate 240Hz.

Selain itu, hadir juga dukungan sertifikasi HDR10+ serta kecerahan layar yang mencapai 1100 nits. Tentunya kombinasi ini akan membuat pengguna lebih nyaman saat mengoperasikan smartphone ini untuk berbagai kebutuhan.

3.Konektivitas Lengkap

Ilustrasi 5G

Asus Zenfone 8 menjadi salah satu smartphone dengan konektivitas yang lengkap. Ponsel pintar ini sudah mendukung koneksi internet 5G, meskipun jaringan internet ini belum juga tersedia di Indonesia

4. Android 11 dengan ZenUI Terbaru

Asus Zenfone 8

Sebagai sistem operasinya, Asus Zenfone 8 menjalankan Android 11. Tampilan antarmukanya juga sudah menggunakan Zen UI terbaru, yang mana juga digunakan di ROG Phone 5.

Zen UI terbaru ini memiliki kelebihan dari minimnya bloatware. Sehingga pengguna bisa lebih leluasa mengoperasikannya tanpa harus diganggu dengan bloatware yang biasanya minim fungsionalitas.

5. Dual Camera Banyak Fungsi

Kamera Asus Zenfone 8

Jika vendor smartphone Android berlomba-lomba menambahkan banyak kamera di produknya, Asus lebih memilih menggunakan dua kamera saja di bagian belakang Zenfone 8.

Meski demikian, dual camera ini ternyata memiliki banyak fungsi. Ini menarik karena membuat Asus Zenfone 8 terlihat ringkas dari segi kamera, tapi tetap memiliki fungsionalitas yang baik.

Kamera belakang menggunakan kamera utama 64MP Sony IMX686 dan kamera ultra wide 12MP Sony IMX363, serta kamera selfie menggunakan 12MP Sony IMX663.

Durabilitas Oke dengan Sertifikasi IP68

Asus Zenfone 8

Asus Zenfone 8 sudah mengantongi sertifikasi IP68. Ini menjadi jaminan bahwa smartphone flagship ini akan tahan terhadap debu dan air.

Selain itu, Smartphone ini juga dirancang untuk tahan terhadap benturan karena layar depan terbuat dari Gorilla Glass Victus terbaru yang dikenal punya daya tahan jauh lebih baik daripada Gorilla Glass 6.

Sedangkan untuk bagian belakangnya sudah dilapisi oleh kaca Gorilla Glass 3. Tentunya ini akan membuat Zenfone 8 tidak akan rentan terhadap goresan.

Kekurangan Asus Zenfone 8

Tentu saja, tak ada smartphone yang sempurna di luar sana. Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki Asus Zenfone 8, terselip juga beberapa kekurangan. Berikut ini beberapa hal yang kami anggap sebagai kekurangan dari Zenfone 8.

1. Baterai Standar 4.000 mAh

Baterai Zenfone 8

Sebagai sumber daya, Asus membenamkan baterai dengan kapasitas 4.000 mAah. Didukung juga dengan teknologi fast charging 30W.

Menurut kami ini menjadi kekurangan, karena baterai 4.000 mAh tergolong tidak terlalu untuk ukuran smartphone saat ini. Apalagi Zenfone 8 menggunakan chipset flagship yang powerfull, dan layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz.

Kombinasi kedua fitur tadi saja pastinya sudah membutuhkan daya yang besar. Bukan tidak mungkin baterai ponsel akan lebih cepat habis.

Meskipun Asus menjanjikan pengisian daya akan berlangsung cepat. Asus mengklaim pengisian daya 60% dalam 25 menit, 80% dalam 38 menit, dan 100% dalam 80 menit.

Sumber:telset.id

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *