5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Kamu Belum Memiliki Hard Skill Mumpuni

Hard skill merupakan sebuah aspek yang wajib dimiliki seseorang jika ingin mendapatkan pekerjaan. Biasanya, hard skill bisa didapatkan saat kamu sedang menimba ilmu di perkuliahan ataupun mengikuti kursus-kursus berbayar.

Namun, tidak semua orang akan memiliki hard skill mumpuni meskipun sudah mengenyam pendidikan. Hal tersebut biasanya terjadi jika kamu tidak terlalu memiliki minat berlebih dalam bidang tersebut. Di samping itu, rasa malas untuk mempelajarinya adalah salah satu faktor utama.

Berikut beberapa hal yang wajib dilakukan jika kamu mendapati kondisi semacam itu. Simak pembahasan berikut ini baik-baik!https://4717c1906fda62b4eb9d2b1a42346099.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html

1. Ikutilah kursus-kursus yang bisa mengembangkan kemampuanmu

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Kamu Belum Memiliki Hard Skill Mumpuniilustrasi kursus (unsplash.com/Steinar Engeland)

Jika belum memiliki hard skill mumpuni, kamu bisa banget mengembangkannya dengan cara mengikut kursus. Di internet, ada banyak kursus yang gratis ataupun berbayar. Cobalah untuk mau mengeluarkan uang untuk mendaftar kursus agar kamu bisa konsisten dalam menjalaninya. Jangan anggap hal tersebut sebagai sesuatu yang membuang-buang uang karena semuanya nanti bakal terbayarkan.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah untuk meluangkan waktu sejenak untuk mengasah hardskill yang belum kamu kuasai.

2. Jika sulit mengembangkannya, kamu bisa memperluas relasimu terlebih dahulu

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Kamu Belum Memiliki Hard Skill Mumpuniilustrasi diskusi (unsplash.com/Dylan Gillis)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa tidak semua orang bisa mengembangkan hard skill-nya dengan mudah.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa memperluas relasi. Hal tersebut akan sangat berguna jika kamu ingin melamar pekerjaan nantinya.

Di samping itu, kamu juga bisa belajar dari orang-orang tersebut yang mungkin memiliki metode berbeda. Selain itu, bisa saja kamu menemukan seseorang yang benar-benar bisa menjadi mentormu sehingga lambat laun hard skill-mu akan terasah. Perluas relasi mulai dari sekarang, yuk!

3. Kamu bisa mulai menambah pengalaman di bidangmu meskipun masih tahap fundamental

Salah satu cara mengembangkan hard skill adalah langsung terjun ke lapangan. Maksudnya di sini adalah kamu bisa mengikuti internship yang sesuai dengan kemampuanmu meskipun itu masih fundamental.

Jika ingin bekerja di stasiun televisi, tidak apa-apa kamu melamar magang di posisi paling dasar. Meskipun itu belum menggapai ekspektasimu, namun anggaplah hal tersebut sebagai sebuah pelajaran berharga.

Oleh karena itu, mulai sekarang jangan pernah malu untuk mengikuti magang karena hal tersebut bisa mendongkrang hard skill-mu.

4. Kamu bisa mengembangkan soft skill untuk menambal kurangnya hard skill

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Kamu Belum Memiliki Hard Skill Mumpuniilustrasi diskusi (unsplash.com/Akson)

Jika susah mengasah hard skill, kamu bisa lebih fokus ke pengembangan soft skill terlebih dahulu. Biasanya, kamu bisa mengasahnya jika mengikut organisasi ataupun volunteer saat berada di kampus. Percayalah bahwa hal tersebut bisa menambal hard skill-mu yang kurang.

Biasanya, soft skill bisa meningkatkan citra seseorang dalam dunia profesional. Maka dari itu, jangan pernah ragu untuk mengikuti kegiatan-kegaitan yang dapat menambah kemampuan-kemampuan lunak. Jangan ragu untuk mencobanya, ya!

5. Jangan ragu untuk meminta tolong orang-orang yang sudah profesional

5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Kamu Belum Memiliki Hard Skill Mumpuniilustrasi diskusi (unsplash.com/Mimi Thian)

Agar bisa menambah kualitas hard skill, kamu bisa banget meminta tolong ke orang-orang yang lebih profesional. Sebelum itu, kamu harus melakukan pendekatan yang baik agar ia mau membantumu. Jadikan orang tersebut sebagai kawan baik agar ia secara senang hati menolongmu.

Jika susah mendapatkan hal tersebut, kamu bisa menyewa jasa profesional yang mau mengajarimu secara private. Meskipun agak mahal, namun hal tersebut pasti bakal meningkatkan kemampuan-kemampuanmu secara signifikan.

Dari kelima hal di atas, sudahkah kamu melakukan salah satunya? Mengasah hard skill memang merupakan hal yang sangat penting bagi jenjang kariermu. Jangan pernah menunda untuk belajar agar kamu tidak menyesal nantinya

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *