Dianggap Lumrah, 5 Sudut Pandang Ini Justru Membuat Hidupmu Susah

Tiap orang pasti punya pola pikir yang berbeda-beda. Selama itu gak merugikan orang lain, gak masalah, ya. Akan tetapi bagaimana jadinya jika sudut pandang yang kamu terapkan selama ini justru merugikan dirimu sendiri? Apa iya, masih mau dipertahankan karena menganggapnya baik?

Seperti lima sudut pandang di bawah ini. Beberapa orang sih bakal setuju dan menilainya sebagai sesuatu hal yang lumrah. Namun siapa sangka, sadar atau tidak, hal ini malah membuat hidupmu sendiri susah. Coba cek satu per satu, siapa tahu memang itu yang jadi biang kerok masalahmu selama ini.

1. Wajib menikah di usia paling tua 25 tahun biar gak jadi omongan tetangga

Dianggap Lumrah, 5 Sudut Pandang Ini Justru Membuat Hidupmu Susahilustrasi pengantin wanita (pexels.com/Tuấn Kiệt Jr.)

Dari dulu sampai sekarang masih banyak orang yang menganut prinsip harus menikah sebelum usia 25 tahun. Apalagi untuk wanita. Seperti sudah diwajibkan untuk segera naik ke pelaminan begitu usianya dianggap matang. Padahal tidak ada aturan tertulis yang mengharuskan hal ini, lho. 

Sayangnya, kamu termasuk salah satu orang yang setuju dengan pola pikir ini. Iya kalau di saat usiamu mencapai 25 tahun sudah ada calon pendamping dan siap secara ekonomi. Kalau ternyata kenyataan berkata lain gimana, dong? Masa sih kamu mau ngotot menikah hanya demi menghindari gunjingan tetangga.

2. Setelah lulus kuliah harus segera bekerja di bidang yang sesuai dengan gelar pendidikan

Dianggap Lumrah, 5 Sudut Pandang Ini Justru Membuat Hidupmu Susahilustrasi wawancara kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Siapa juga yang gak mau setelah lulus dari perguruan tinggi bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Ditambah lagi pekerjaan itu sesuai dengan gelar pendidikan yang susah payah diraih. Pasti ini jadi idaman semua fresh graduate di seluruh dunia, deh. 

Sayangnya, gak semua lulusan baru bisa memperoleh keberuntungan itu. Ada yang mendapat kesempatan kerja, tapi gak sesuai sama jurusan kuliahnya. Pilihannya, sih cuma dua yaitu antara berani mencoba hal baru itu atau menganggur sampai menemukan pekerjaan yang diinginkan.

Kalau memang kamu memegang prinsip harus dapat kerja sesuai gelar, ya harus sabar menunggu. Belum tentu sebulan dua bulan kamu bisa dapat pekerjaan itu. 

3. Sebelum masuk usia kepala tiga kamu harus sudah sukses secara karier dan finansial

Pasti sudut pandang ini muncul ketika kamu mendengar istilah, sukseslah sebelum usiamu mencapai 30 tahun. Memang bila ditilik dari sisi positifnya sih ini bisa jadi motivasimu untuk bekerja keras sejak dini, ya. Akan tetapi bila dilihat dari kacamata lain, prinsip semacam ini bisa membuatmu kesulitan sendiri, lho. 

Bayangkan kamu mulai meniti karier di usia 20 tahun, hanya ada waktu 9 tahun untuk bisa mencapai target sukses yang kamu inginkan itu. Padahal selama itu pasti bakal ada naik-turunnya. Bisa jadi usaha yang kamu rintis mendadak bangkrut di usianya yang ke-5 tahun.

Karena kamu harus memenuhi target sukses sebelum umur 30 tahun, masalah ini jadi terasa membebanimu. Padahal untuk bisa bangkit kamu harus bisa berpikir jernih dan tenang. 

4. Wanita tidak pantas mengajak kekasihnya untuk menikah, harus sabar menunggu

Dianggap Lumrah, 5 Sudut Pandang Ini Justru Membuat Hidupmu Susahilustrasi melamar kekasih (pexels.com/Jesus Arias)

Berbelok ke masalah asmara, khususnya bagi kaum hawa.

Mayoritas masyarakat kita masih menganggap tabu wanita yang berani lebih dulu mengajak sang kekasih menikah. Karena seharusnya sebagai perempuan mereka sabar menunggu sampai si pria merasa siap lahir batin untuk datang melamar. 

Sudut pandang inilah yang pada akhirnya membuat kamu dilema. Di satu sisi ingin nantinya bisa menikah dengan doi. Tapi di sisi lain, kekasihmu ini seperti gak ada niat untuk memberikan kepastian. Iya kalau penantianmu berujung ke pelaminan. Nah, jika tidak sama saja selama ini kamu cuma buang-buang waktu.

Coba kamu berani minta kejelasan lebih dulu, pasti bakal beda ceritanya.

5. Berbisnis hanya pantas dilakoni oleh mereka yang punya modal besar

Dianggap Lumrah, 5 Sudut Pandang Ini Justru Membuat Hidupmu Susahilustrasi membuka cafe (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebenarnya ada keinginan dalam dirimu untuk mencoba keberuntungan di dunia bisnis. Hanya saja itu terhalang oleh sudut padangmu sendiri yang mengatakan bahwa berbisnis hanya bisa dilakukan oleh orang yang punya modal besar atau mereka yang datang dari keluarga pebisnis sukses.

Padahal kenyataannya banyak pengusaha kelas kakap yang merintis karier dari nol. Bahkan berasal dari latar belakang keluarga yang sederhana. Otomatis semua orang punya kesempatan yang sama, asalkan dia mau bekerja keras, dong.

Ternyata tidak semua sudut pandang yang dianggap umum oleh kebanyakan orang bisa berdampak baik bagi dirimu. Nyatanya, ada juga yang justru jadi penyebab hidupmu terasa susah untuk dijalani. Jadi ada baiknya mulai sekarang ubah pola pikir itu ya supaya kehidupanmu bisa dilalui dengan lebih baik lagi. 

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *